4 SKALA PENGUKUR SUHU

SKALA SUHU

Sudah tahukah anda apa saja alat skala pengukur suhu. Sebelum itu harus di ketahui dahulu apa itu skala suhu yakni suatu metodologi dalam tanda tanda menyatakan pembagian skala besaran suhu di dalam bidang metrologi. Ada juga macam skala pengukur suhu.

Berikut beberapa macamnya:

1. Reamur
Berpuluh tahun lalu, di 1731, Rene Antoine Ferchault de Reaumur mengutarakan yang lain. Pada awalnya, beliau menciptakan termometer dengan alkohol dan mencipta vonis titik beku air 0o R dan titik didih sebesar 80o R. Bagi Reaumur, angka 80 itu mudah dibagi dua.

Dapat menjadi 40, 20, 10, 5. Skala Reaumur ini menjadi populer sekali dipakai orang Eropa. Prancis dan Jerman, meskipun saat ini telah jarang di gunakan. mungkin hanya industri permen dan keju yang maemakainya.

2. Celcius
Anders Celsius yang menciptakan skala tersendiri pada tahun 1742. Tanda tanda menyatakan pembagian skalanya dihitung dengan sederhana. beliau memutuskan agar menjadikan titik beku air dan titik didih air untuk referensinya. beliau menciptakannya ke dalam selang 100o. Dengan 0o C untuk titik beku air dan 100o C untuk titik didih.

Dalam analisis ilmiah, Celsius ini lebih sering digunakan. Sebanya, selain Amerika Serikat, banyak sekali negara yang mengenakan Celsius ini untuk skala suhu.

3. Fahrenheit
Awalnya, skala Fahrenheit mengenakan tiga titik referensi, temperatur uletan antara garam, es, dan air untuk 0o. Suhu air es 30o, dan suhu tubuh umumnya manusia 96o. Baru pertama ini, beliau menghitung bila temperatur air ketika mendidih ada di angka 212o F. Sedangkan titik beku air ada di angka 32o titik tetap bawah. Akibatnya temperatur mempunyai selang sebesar 180o.

4. Kelvin
Kelvin ini masuk ke Standar Internasional yang umumnya digunakan sebagai penghitungan ilmiah. Sebab, secara teoritis, tak ada yang lebih bawah dari suhu nol mutlak. Di kelvin juga tak perlu menulis dengan derajat. Jadi langsung 273 K.

Baca juga : MENARIK 5 MANFAAT WORTEL