5 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

TIPS BELAJAR

5 cara mudah belajar bahasa inggris dalam waktu yang singkat bukanlah hal yang mustahil. Nah buat kamu yang kemampuan Inggrisnya masih kurang lancar, tetapi ingin bisa belajar .Tenang, karena kamu masih bisa belajar sendiri dan mahir berbahasa inggris

Pastinya kamu penasarankan gimana tips mudah belajar sendiri. Nah, agar tidak berlama lama dan panjang lebar, langsung saja simak cara belajar lebih cepat.

1. Sering Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Tips mudah belajar secara cepat dengan cara sering mendengar lagu, Memang tips ini sepele, tetapi sangat efektif membantu kamu menguasai bahasa. Khususnya buat kamu yang memiliki kelebihan audio visual dalam belajar, cocok menggunakan cara ini.

Saat mendengarkan musik berbahasa Inggris, kamu perlu melihat teks lirik musik. Kenapa? Dari teks yang tampak, akan membantu kamu belajar pelafalan atau pengucapan bahasa inggris yang benar. Cara ini adalah cara belajar yang menyenangkan, dan dijamin tidak membosankan. Karena siapa yang menyangka jika mendengarkan musik saja bisa menguasai salah satu cabang bahasa dan sastra ini.

2. Sering nonton Film Berbahasa Inggris

Tips mudah belajar yang tidak kalah seru dan menyenangkan adalah menonton film berbahasa Inggris. Jadi, menonton film dari luar yang disertai dengan subtitle juga sangat membantu kamu. Setidaknya, di dalam film ada banyak kosakata baru dan banyak kosata yang akan terus diulang-ulang. Pengulangan-pengulangan inilah yang akan membantu kamu lebih familiar dengan pengucapan kata dan penulisannya.

3. Membaca Buku Berbahasa Inggris

Cara efektif belajar bahasa Inggris agar efektif adalah membaca buku novel berbahasa inggris. Misalnya buku novel keluaran dari luar negeri. Ketika kamu membaca, di sana kamu tidak hanya belajar bahasa tulis yang disampaikan penulisnya. Kamu akan belajar banyak kosakata baru.

Nah di sini, pasti kamu dituntut untuk berhadapan menggunakan kamus. Karena sudah dapat dipastikan kamu di sana juga akan menemukan banyak kosakata asing. Jika perlu, catat setiap kosa kata asing dan terjemahkan di coretan buku. Maka dengan alamiah, secara tekun kamu pun akan mahir dengan sendirinya.

4. Mencatat Kosakata Baru

Tips mudah belajar bahasa Inggris yang selanjutnya adalah mencatat kosakata baru yang kamu temukan. Jadi selesai membaca, mendengarkan musik atau seusai menonton film berbahasa inggris. Maka kamu perlu mencatat kosakata baru dan asing. Kemudian hafal kosakata dan arti tersebut. Pastikan kosakata yang kamu catat adalah kosakata yang belum kamu pahami. Jika ada kosakata yang sudah familiar dan sudah kamu ketahui, kamu tidak perlu melakukannya lagi.

5. Mencoba Menulis

Tips mudah belajar bahasa inggris yang selanjutnya adalah lakukan tes kemampuan. Jika sebelumnya kamu sudah mempelajari pelafalan lewat nonton film dan mendengar musik. Kemudian sudah memperbanyak kosakata. Maka langkah selanjutnya adalah, mencoba untuk menulis menggunakan kalimat inggris.

Tulislah kalimat sederhana dan mudah. Cara ini juga akan memudahkan kamu untuk lebih familiar dan akrab menggunakan lo. Tidak percaya? Kamu bisa mencoba dan mempraktekannya sendiri.

Baca juga: DASAR WEB DAN JENISNYA