5 FAKTA MENARIK MENGENAI GALAKSI BIMA SAKTI

JPG

Menarik nih 5 fakta mengenai galaksi bima sakti yang mungkin belum kalian tahu. Galaksi sendiri merupakan sekumpulan bintang yang membentuk sistem, terdiri dari satu / lebih benda angkasa yang berukuran besar serta dikelilingi oleh benda-benda angkasa lainnya dengan teratur.

Berikut ini adalah beberapa fakta menariknya :

Bima Sakti merupakan pemangsa
Ternyata Galaksi Bima Sakti tidaklah “sebagus” dan juga seindah yang dibayangkan. Buat mencapai ukurannya sekarang ini, Milky Way harus aktif memangsa galaksi yang lain yang berukuran lebih kecil. Salah satu galaksi yang pernah jadi mangsa Bima Sakti ialah galaksi kerdil Sagitarius.

Menjadi rumah untuk 200 m bintang
Bima Sakti mempunyai sekitar 200 sampai 400 miliar bintang. Tetapi, jumlah terbanyak yang dapat dilihat manusia cuma sekitar 2.500. Jumlah ini tak tetap. Karena, Bima Sakti terus-menerus kehilangan bintang melewati supernova, yakni ledakan bintang di galaksi yang memancarkan energi lebih banyak dibanding dengan nova.

Memiliki black hole
Salah satu fakta penting mengenai Galaksi Bima Sakti yaitu mempunyai black hole / lubang hitam. Lubang ini wajar dipunyai setiap galaksi di jagat raya. Lubang hitam punya Bima Sakti terletak di pusat galaksi. Bobotnya diperkirakan mencapai 40.000 Matahari, dengan panjang kurang lebih sekitar 22,5 juta kilometer.

Bima Sakti telah berusia 13,6 m tahun
Ilmuwan memperhitungkan bahwasanya usia Galaksi Bima Sakti telah mencapai 13,6 miliar tahun, / hampir sama dengan umur alam semesta, yakni 13,7 miliar tahun. Hal ini pun diperkuat dengan penemuan bintang pada gugusan bintang. Bintang ini juga diklaim sebagai bintang tertua di Galaksi Bima Sakti, di mana usianya hampir sama dengan alam semesta ini.

Penuh debu dan juga gas
Bima Sakti merupakan galaksi yang penuh debu dan juga gas. Keduanya merupakan 10 hingga 15 persen dari materi bercahaya di galaksi. Ketebalan debu mampu membelokkan cahaya yang tampak. Tetapi, cahaya inframerah bisa melalui debu.

Baca juga : TIPS MENGERJAKAN TES LITERASI BAHASA INDONESIA UTBK