5 FAKTA UNIK BULAN YANG MUNGKIN BELUM KAMU TAHU

JPG

Bulan dan juga beberapa fakta unik, tentunya kalian sudah tak akan asing lagi dengan nama yang satu ini. Kalian akan sering temui ketika dimalam hari, Bukan hanya kecantikan atau keindahannya saja bulan juga mempunyai beberapa fakta unik. Simak di bawah ini ya.

Berikut ini beberapa fakta uniknya :

Tak dapat bernapas
Kita tak dapat bernapas dengan bebas di bulan sebagaimana kita bernapas di bumi. Malah, bila kita melepaskan baju astronaut kamu dan juga memaksa bernapas, kamu akan mengalami masalah kesehatan serius, yakni kekurangan oksigendan juga ebullisme, ungkap Ganesh Subramaniam, seorang operator radio dan juga astronaut amatir.

Tak ada atmosfer
Beda dengan bumi, bulan tak punya atmosfer. Ini sebab bulan mempunyai ukuran yang lebih kecil dengan medan magnet yang lemah. Sebaliknya, planet kita mempunyai lebih banyak massa buat menahan atmosfer dan medan magnet yang kuat dalam melindunginya.

Gravitasinya jauh lebih kecil dari bumi
Planet kita mempunyai gravitasi sebesar 9,8m/s². Sedangkan, gravitasi di sana jauh lebih kecil, yaitu 1,62m/s². Gravitasinya lebih kecil dan lemah sebab ukurannya yang lebih kecil dibandingkan dengan planet kita. FYI, bumi mempunyai diameter sekitar 12.742 km sedangkan bulan mempunyai diameter sekitar 3.474 km, yang berarti 1/4 dari ukuran bumi.

Terbentuknya 4,53 miliar tahun yang lalu
Bulan mulai terbentuk sekitar 30 hingga 50 juta tahun sesudah pembentukan tata surya. Sedangkan, bumi sendiri terbentuknya sekitar 4,54 Miliar tahun yang lalu. Para astronom dan peneliti menduga bahwasanya bulan terbentuk sesudah benda seukuran Mars menghantam bumi. Materialnya meledak ke ruang angkasa dan juga akhirnya membentuklah bulan.

Menjauh dari bumi 4 cm per-tahun
Menurut para penelitian, bulan menjauhi bumi sekitar 4 cm tiap tahunnya. Bila ini masih terus saja terjadi selama 50 miliar tahun ke depan, jadi bulan memperlukan waktu sekitar empat puluh tujuh hari untuk mengorbit bumi,

Baca juga : MENARIK NIH !! TIPS MENGATASI MONDAY BLUES