5 MACAM JARINGAN TUMBUHAN

TUMBUHAN

Sudah tak asing lagi dengan yang namanya tumbuhan, ya tumbuhan merupakan mahkluk hidup yang mempunyai daun, akar, dan batang jadinya dapat menghasilkan makanannya sendiri dengan mengenakan klorofil dalam menjalani fotosintesis.

Berikut ini lima macamnya :

Pengangkut
Jaringan pengangkut atau pembuluh merupakan jaringan yang berguna sebagai proses pengangkutan zat-zat yang ada di tumbuhan. Terdiri dari pembuluh floem dan xilem. Tahukah anda apa itu. xilem ialah pembuluh yang menyalurkan hasil mineral dan air dari akar ke daun.

Penyokong
Ini jaringan penyokong berguna untuk penyokong / penguat tumbuhan. Dindingnya tebal dan akan berhenti melaksanakan pembelahan saat telah menuju usia dewasa. Misalnya dari jaringan penyokong ialah sklerenkim dan kolenkim.

Epidermins
Jaringan pelindung dinamakan pula epidermis. Berada di lapisan luar dan gunanya sebagai melindungi permukaan tumbuhan. Jaringan pelindung terstruktur atas sel-sel yang menutupi seluruh permukaan dengan rapat. Tak hanya tersebut teman, ada satu keuntungan khusus dari epidermis tersebut.

Meristem
Jaringan meristem adalah suatu jaringan yang sel-selnya aktif membelah diri. Jaringan tersebut terdapat di ujung akar dan ujung batang. Jaringan tersebut bisa membesar, meregang, dan berdiferensiasi jadi jaringan lain saat dewasa.

Parenkim
Jaringan itulah yang mengisi ruang antar jaringan. Hal tersebut terletak di seluruh bagian tubuh tanaman, contohnya batang.

Baca juga ya : INI DIA CIRI SOSIAL KOTA