5 TIPS EFEKTIF BELAJAR SELAMA UJIAN

JPG

Sebagai seorang siswa sudah sewajarnya untuk belajar. Belajar sendiri adalah salah satu cara seorang bisa mengerti dan tau bagaimana sebuah hal, nah apalagi buat seorang pelajar yang sedang ujian pastinya belajar terus ya. Ada beberapa cara atau tips efektifnya, simak dibawah ini

Beberapa tips agar lebih efektif :

Buatlah jadwal kegiatan harian
Siapa di antara kalian yang suka membuat daftar pekerjaan sehari-hari? Hal tersebut, bisa mendukung agar lebih produktif dan disiplin, terutama saat belajar. Kalian dapat menyusun jadwal harian secara tepat, bila perlu dari bangun tidur hingga tidur lagi, supaya kegiatan lebih terorganisir. Kalian pun dapat tentukan, waktu mulai, lama waktu belajarnya, ingin apa, dan tujuannya.

Belajar setengah jam
Sebuah studi dari Kansas State University merekomendasikan agar memberikan spesifik waktu dalam setiap mata pelajaran. Alasannya, supaya bisa tetap fokus pada satu topik. Padas sebuah dasarnya, otak kita cuma bisa menyerap informasi secara efektif selama lima belas menit pertama dan lima belas menit terakhir. Artinya, seluruh yang kalian pelajari di tengah-tengah waktu itu ialah yang paling mudah untuk kalian lupakan dengan cepat.

Buatlah skala prioritas
Supaya waktu belajar dapat berjalan lebih efektif, kalian pun dapat membuat skala prioritas. Caranya, kalian urutkan hal-hal yang butuh kalian kerjakan dari yang paling penting. Nah, hal yang terpenting ttu, berarti harus kalian kerjakan terlebih dahulu. Contohnya, dalam belajar dalam menghadapi ulangan Matematika. Kalian tentu telah memperoleh kisi-kisi, materi/topik apa saja yang akan dikeluarkan di ujian nantinya.

Beri jeda waktu
Sesudah tiga puluh menit kamu fokus belajar, sambil istirahat sejenak dengan melaksanakan kegiatan lainnya yang menyegarkan daya ingat kalian. Contohnya dengan membaca satu halaman dari novel favorit yang belum selesai dibaca / menyanyikan dua lagu. Menyerap informasi setengah demi setengah, lebih mudah dilaksanakan dibandingkan dengan menyerap semuanya secara langsung.

Baca juga : Anzil Allaena Rohmah Peringkat 8 & Raih Prestasi tingkat ASEAN