5 TIPS MENGAJAR SISWA BERKEPERLUAN KHUSUS

KHUSUS

Mengajar dan mendidik siswa telah sewajarnya tugas seorang guru, ada juga siswa yang berkeperluan khusus dan pentingnya guru untuk bertanggung jawab membentuk karakter dan mentalnya. Ada beberapa tips yang dapat di terapkan.

Berikut beberapa tipsnya :

Berilah peluang agar bersosialisasi dengan yang lain
Lingkungan yang dapat memajukan keahlian anak agar bersosialisi. Dalam hal itu guru pula butuh memastikan bahwa teman seumurannya wajib pula merasakan tak terpaksa dan nyaman saat dijadikan role model bagi temannya yang berkeperluan khusus.

Tahan diri dalam memberi bantuan
Butuhnya ditumbuhkan dalam diri Bapak atau Ibu Guru bahwa peran utamannya adalah mendidik bukannya membantu anak. Adanya perbedaan mendasar antara keduanya, Mendidik akan fokus pada memfasilitasi anak mendapatkan pengalaman belajar.

Ajarlah agar percaya diri tak menerima bantuan
Latih anak agar dapat menanamkan kepercayaan diri mereka dan tak wajib meminta bantuan yang lain. Dan jangan lupa ajarlah pula kapan mereka semestinya meminta bantuan. bila kepercayaan diri mereka telah ada, maka mereka tak akan tetap bergantung pada yang lain.

Catatlah data proses kemandirian anak
Melakukan catatan proses data kemandirian anak harus dilaksanakan. Hal itu membantu anda membandingkan dan memantau kemampuan anak sebelum dan setelah penerapan kebijakan yang anda laksanakan.

Latih siswa belajar dari kesalahan
Dalam hal itu tak membiarkan anak melaksanakan kesalahan secara terus-terusan bapak atau ibu Guru. Butuh anda pastikan bahwa anak dapat belajar dari kesalahan yang sudah dibuatnya. bapak atau ibu guru dapat membicarakan dengan anak saat siswa membuat kesalahan.

Baca juga : 5 ALASAN PENDORONG MOBILITAS SOSIAL