JPG

ASAL USUL BERDIRINYA KOSTRAD

Tahukah kalian apa yang melatar belakangi berdirinya atau asal usul berdirinya kostrad atau lebih dikenal dengan Komando Cadangan Srategis Angkatan Darat. Siapa nih disini yang bercita-cita untuk menjadi seorang angkatan darat? Pastinya kalian sudah tahu kalau pada tanggal 6 maret di peringati sebagai tanggal berdiri kostrad.

Berikut ini pembahasan seputar sejarahnya :

  • Awal mula

Seperti yang sudah di jelaskan diawal, pada 6 Maret 1961, Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat atau Kostrad dibentuk. Ketika diresmikan, satuan militer itu awalnya diberi nama yaitu Cadangan Umum Angkatan Darat atau Caduad. Ide pembentukan Caduad ini berasal dari Kepala Staf Angkatan Darat atau KASAD Jenderal A H Nasution yang menganggap keadaan waktu itu sangatlah mendesak, khususnya berhubungan dengan sengketa Irian Barat.

Mayjen TNI Soeharto ditunjuk sebagai pemimpin Caduad pertama. Dalam menjakankan tugas-tugasnya, ia dibantu oleh beberapa nama yang lain, seperti Kolonel Letkol Inf Slamet Sudibyo, Ahmad Wiranata Kusuma, Letkol Inf Muwardi, Letkol Inf Soegoro, Letkol Inf Amir Mahmud, dan juga Mayor Inf Joko Basuki. Belum genap setahun, Caduad ditugaskan buat melaksanakan tugas operasi Trikora demi membebaskan Irian Barat dari jajahan Belanda.

  • Operasi Jayawijaya

Hal ini merupakan tindak lanjut dari dicetuskannya Trikora oleh Presiden Soekarno yang berisikan tigi hal, yakni menggagalkan pembentuan negara Papua di Irian Barat, mengibarkan bendera Merah Putih di Irian Barat, dan juga bersiap buat mengadakan mobilisasi umum. Untuk melakukan tugas itu, dibentuklah Komando Mandala di daerah timur Indonesia dengan markas besar berloksi di Ujung Pandang. Tugas yang diberi sandi “Operasi Jayawijaya” tersebut melibatkan TNI AU, AL, AD, sukarelawan, dan juga rakyat.

Misi atau tujuan utamanya yaitu membebaskan Irian Barat dari Belanda dengan perang terbuka, jika perundingan damai tidak tercapai. Dalam operasi tersebut, Caduad sendiri juga menurunkan satu divisinya. Operasi militer ini pun membuahkan sebuah hasil. Penyerahan Irian Barat ditandai juga dengan berkibarnya bendera merah putih pada 1 Maret 1963.

  • Resmi berganti nama menjadi Kostrad

Nama Caduad setelah itu resmi berganti menjadi Kostrad pada 1963, sesudah Mayjen TNI Soeharto membuat telaah lebih lanjut buat membentuk sebuah pasukan cadangan strategis. Kostrad mempunyai tugas pokok buat melakukan operasi militer, baik berdiri sendiri ataupun bagian dari operasi gabungan untuk mempertahan kedaulatan negara.

Baca juga : 5 TIPS MENGATASI KEGELISAHAN SAAT MENDEKATI UJIAN

3 komentar untuk “ASAL USUL BERDIRINYA KOSTRAD”

  1. Pingback: SEJARAH HARI KONVENSI CITES 6 MARET

  2. Pingback: Zat Aditif dan Zat Adiktif, Soal

  3. Pingback: 5 CARA MENGATASI STRESS

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *