INTERAKSI SOSIAL

BEBERAPA BENTUK INTERAKSI SOSIAL AKOMODATIF

Tahukah bahwa bentuk interaksi sosial ada beberapa macamnya, salah satunya interaksi akomodatif, akomodatif merupakan usaha yang dilaksanakan agar menyelesaikan sebuah konflik / pertikaian oleh pihak-pihak yang bersangkutan.

Berikut beberapa macamnya :

Koersi
Ialah bentuk akomodasi yang pelaksanaannya dengan mengenakan paksaan, tekanan, ancaman,ataupun kekerasan. Anda sering melihat pedagang asongan / pengemis yang diusir secara paksa oleh satpol dan dinas sosial itu salah satu contoh.

Kompromi
Ialah bentuk upaya dalam mengatasi permasalahan yang terjadi antara dua belah pihak melewati pengurangan tuntutan. Contohnya, ketika anda bermain game mobile, salah satu dari kalian merasakan dicurangi.

Konsiliasi
Ialah upaya yang dilaksanakan pihak tertentu agar menyatukan keinginan antara kedua belah pihak yang bermasalah, hingga bisa mengatasi masalah. Contohnya, saat di depan pasar ada dua perempuan yang jambak-jambakan sebab merebutkan harga kangkung paling murah

Arbitrasi
Sering terjadi saat pihak ketiga menolong meredakan pertentangan yang mepunyai kedudukan lebih tinggi dan bisa memberikan pilihan yang menghubungkan pihak-pihak yang berbermasalah. Misalnya, guru memberikan hukuman kepada kedua siswa yang bertengkar.

Mediasi
Ialah bentuk akomodasi yang dilaksanakan oleh pihak ketiga dan bersifat netral. Maka, pilihan akhir tetap dikembalikan kepada kedua pihak yang bermasalah. Misal, pak rt yang memberikan nasehat kepada tetangga yang sedang berseteru.

Baca juga ya : 5 TIPS MENGAJAR SISWA BERKEPERLUAN KHUSUS

1 komentar untuk “BEBERAPA BENTUK INTERAKSI SOSIAL AKOMODATIF”

  1. Pingback: FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INFORMASI AKUNTANSI

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *