Begitu Pentingnya Support System dalam Proses Belajar

Begitu Pentingnya Support System dalam Proses Belajar

Jika ditanya apakah Support System dalam proses belajar penting atau tidak? Maka jawaban sangat penting. Kenapa?

Setiap orang mempunyai masalah yang harus dihadapi. Namun, tidak semua orang mampu menghadapinya sendirian sehingga memerlukan Support System atau dukungan dari orang sekitar.
Sering kesulitan memahami materi pelajaran, atau bosan melihat tugas sekolah, kalian bisa membangun support system agar bisa menjadi semangat kembali. Karena tidak bisa dipungkiri jika proses belajar memang tidak semudah yang dibayangkan.

Tanpa support system yang mendukung, siswa yang biasanya pintar di bidang akademis pun akan kesulitan menjalani jadwal belajar.

Lalu seberapa penting sih peran support system dalam membantu dalam proses belajar kita? Yuk simak terus penjelasannya!

1. Memberi Rasa Nyaman

Dalam belajar, tentu membutuhkan rasa nyaman. Tapi perasaan itu tidak bisa serta merta datang setiap hari. Ada kalanya kita gelisah dan susah mendapatkan ketenangan. Nah, di sinilah dibutuhkan peran dari support system. Keberadaan orang-orang terdekat bisa menjadi solusinya. Kita bisa berbagi cerita dengan mereka sehingga beban yang kita rasakan bisa terlepas perlahan.
Hal itu tentunya bisa membuat merasa lebih nyaman. Jika sudah merasa nyaman, pikiran pun bisa menjadi lebih tenang dan jernih untuk menyelesaikan masalah. Jika masalah terselesaikan, proses belajar yang sedang kita lakukan juga bisa dilanjutkan.

2. Membantu Melewati Stres

Ketika mengalami masalah, hal yang biasa di rasakan adalah gelisah dan sesekali susah untuk mendapat ketenangan.
Maka dari itu, hal pertama pentingnya mempunyai support system dalam kehidupan kamu adalah karena keberadaan mereka bisa membuat kita merasa lebih nyaman. Cukup dengan sedikit berbagi cerita pun bisa membuat kita jadi lebih tenang hingga dapat melewati stres dan mengatasinya dengan baik pula.

3. Meningkatkan Motivasi

Dukungan sosial yang tepat akan membuat seseorang termotivasi untuk melakukan segala hal nya dengan lebih baik. Tentu akan sulit jika dukungan sosial dari individu tidak memiliki kebiasaan yang ingin dituju.

4. Membantu Mengambil Keputusan

Mengambil keputusan atas suatu hal bukanlah hal yang mudah. Namun sering kali kita dihadapkan pada pilihan-pilihan yang justru membuat kita bingung. Persoalan dalam proses belajar adalah salah satunya. Agar tidak melakukan sesuatu secara gegabah hingga menimbulkan penyesalan, kita bisa meminta saran pada orang terdekat. Manfaat support system di sini yaitu memengaruhi kita secara tidak langsung dalam mengambil keputusan yang bijak. Adanya dukungan positif dari mereka sejalan dengan keputusan baik yang akan kita buat.

5. Membangun Kepercayaan Diri

Ingat, kalian adalah bagian terpenting dari support system yang di bangun, jadi meski kita akan mendapatkan bantuan dan semangat dari mereka, kita juga harus percaya pada dirimu sendiri. Karena, ada beberapa kondisi yang mungkin tidak bisa teratasi. Misalnya ketika kita mulai jenuh belajar, atau merasa tidak mampu menyelesaikan sejumlah tugas tertentu. Kamu harus percaya bahwa kalian bisa mengatasinya dengan kemampuan yang kita miliki.