BERIKUT INI FAKTOR TERJADINYA KOROSI

KOROSI

Tahukah anda apa saja faktor atau pemyebab dari korosi. Sebelum itu harus ketahui dahulu apa itu korosi, yakni kerusakan / kehancuran material sebab ada reaksi kimia di sekitar lingkungan. Ada beberapa penyebabnya.

Berikut ialah beberapa faktor-faktornya :

Permukaan logam tak rata
Permukaannya yang tak rata mempermudah terjadinya kutub-kutub muatan, yang akhirnya akan menjadi sebagai katode dan anode. Permukaan logam yang bersih dan licin akan mengakibatkan korosi sulit terjadi, karena kutub-kutub yang akan bertindak menjadi katode dan anode susah terbentuk.

Kelembaban udara dan air
Terlihat dari reaksi yang akan terjadi pada peristiwa korosi, air ialah salah satu penyebab penting bagi berlangsungnya korosi. Udara lembab yang banyak sekali mengandung uap air akan mempercepat terjadinya peristiwa korosi.

Terbuat sel elektrokimia
Bila ada dua logam yang berbeda potensial berkesinggungan pada lingkungan lembab / berair, bisa terbentuk sel elektrokimia yang secara langsung. Logam yang potensial dengan lebih rendah akan segera melepas elektron saat bersentuhan dengan logam yang potensial yang lebih tinggi, juga akan mengalami oksidasi oleh oksigen dari udara.

Elektrolit
Asam / garam ialah media yang bagus agar terjadinya transfer muatan. Hal tersebut menyebabkan elektron lebih gampang ketika diikat oleh oksigen di udara. Air hujan juga banyak mengandung asam, sedangkan air laut begitu banyak mengandung garam. Oleh sebab itu air hujan dan juga air laut ialah salah satu faktor yang terutama.

Baca juga : WAJIB COBA NIH 6 CARA MENGATASI NERVOUS