Berprestasi, Siswa MAN 2 Mataram Raih Medali Ascienco 2021

ASCIENCO

MATARAM-Tiga siswa MAN 2 Mataram (M2M) meraih medali perak, di ajang Asean Student Science Olympiad (Ascienco). ”Dengan ini semakin menambah koleksi juara dan medali yang diperoleh siswa dan siswi kami,” tegas Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN 2 Mataram Meci Karimah Kasipahu, pada Lombok Post, (27/4).

Ketiganya; Hilma Alifah Baskoro dari kelas X IPA 4, mendapat medali perak bidang Biologi. Berikutnya Azizah Tasyarani Khairunnisa, kelas X IPA 1, meraih medali perak bidang Astronomi. Terakhir, Rizky Maulana Ramdhani, kelas XI IPA 1, meraih perak bidang Astronomi. Dalam kurun waktu tiga bulan, medali nasional yang berhasil dikumpulkan MAN 2 Mataram mencapai 217 medali. Ditambah tiga medali perak tingkat Internasional.

Dijelaskan, Ascienco 2021 merupakan olimpiade tingkat ASEAN, untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan. Kompetisi yang digelar secara daring ini, diikuti peserta didik MTs dan MA sederajat. Lomba dilakukan secara serentak dalam dua hari, dengan empat pembagian sesi. Terakhir, sesi 4 untuk bidang biologi dan IPA.

Prestasi yang diraih, merupakan bukti bahwa pendidikan tetap menjadi yang utama. Jangan sampai pandemi mengendurkan semangat peserta didik dan guru untuk terus berprestasi. Capaian ketiga siswa tersebut tidak didapatkan secara instan. Melainkan diperoleh atas latihan demi latihan. ”Jadi tidak ada kata tidak bisa, apa pun itu yang penting semangat, karenanya kami akan lakukan pembinaan kepada siswa, dan motivasi untuk guru pembimbing,” pungkasnya.

Hilma Alifah Baskoro dari kelas X IPA 4 mengatakan, persiapan mengikuti ajang tersebut dilakukan sepekan. ”Saya dan teman-temannya juga belajar soal-soal dari internet, youtube, buku-buku paket serta catatan dan soal-soal latihan yang sering dibahas bersama guru dan pembina,” terangnya. Kepala MAN 2 Mataram H Lalu Syauki mengatakan, madrasah akan terus mendukung pembinaan prestasi siswa.

”Baik siswa maupun pembina jangan sampai kendor dalam melakukan pembinaan, dan pengayaan. Semoga raihan ini akan diikuti oleh prestasi-prestasi yang lain,” harapnya. (yun/r9/*)

Dilansir dari : Berprestasi, Siswa MAN 2 Mataram Raih Medali Ascienco 2021

Baca juga : MENARIK!! FAKTA PUISI YANG MUNGKIN BELUM DI KETAHUI