CARA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS

KREATIF

Bagaimana sih cara mengembangkan kreativitas agar bisa lebih baik ,sebelum itu kita bahas dulu apa kreativitas itu. Kreativitas merupakan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Bukan berarti harus sama sekali baru, tapi bisa juga sebagai kombinasi dari unsur yang telah ada sebelumnya. Kreativitas bisa dikembangkan dan ditingkatkan sesuai kemampuan masing-masing individu.

Kreativitas berarti berani untuk mengambil risiko, maksudnya berani untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan dan hasilnya belum jelas. Ini berarti harus lebih berani melakukan kesalahan secara berlebihan. Maka dari itu kreativitas harus juga mempertimbangkan segala risiko dan konsekuensi dengan cermat terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kreativitas:

  • Amatilah sesuatu yang dikenal. Tujuannya adalah untuk melatih dan mempertajam ingatan Anda.
  • Membangun kreativitas berarti mempertajam pikiran, dan itu berarti juga meningkatkan kepekaan pengindraan pada diri kita.
  • Jangan menunda pekerjaan. Dengan adanya persiapan waktu yang baik selama bekerja maka otak akan menghasilkan pekerjaan yang optimal.
  • Ambil sudut pandang orang lain. Coba untuk menempatkan diri Anda pada posisi orang lain untuk mengetahui reaksi seseorang atas tindakan yang Anda ambil.
  • Melakukan brainstorming. Hal ini memudahkan Anda untuk mendapatkan banyak gagasan dengan cepat melalui diskusi team.
  • Belajar menjadi seorang inovator yang baik. Anda harus selalu mencari, menyesuaikan dan mengimplementasikan ide-ide, baik yang baru maupun yang lama.
  • Ubahlah kebiasaan dan citra diri. Jadilah orang yang progresif, kembangkanlah atribut-atribut dan motivasi yang di butuhkan.
  • 8.Orang yang kreatif dapat melakukan pendekatan secara bervariasi dan memiliki bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu persoalan. Dari potensi kreatifnya, seseorang dapat menunjukkan hasil perbuatan, kinerja/karya, baik dalam bentuk barang maupun gagasan secara bermakna dan berkualitas.

Baca juga: 6 Fakta Unik Pancasila

Nah itu tadi adalah sedikit tips atau cara ,yang bisa di terapkan dalam kehidupan sehari – hari.Seseorang yang kreatif bisa melakukan pendekatan secara bervariasi dan memiliki bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu permasalahan. Dari potensi kreatifnya seseorang