FAKTA JURUSAN SOSIOLOGI

JPG

Tahukah kalian apa saja fakta-fakta tentang jurusan sosiologi? Sosiologi sendiri menjadi salah satu mata pelajaran yang sering di jumpai bagi siswa-siswa atau pelajar saat ini. Menarik bukan? Simak beberapa fakta-faktannya dibawah ini.

Berikut ini beberapa faktanya :

Mata Kuliah Jurusan Sosiologi
Di jurusan ini kalian akan lebih mengerti fenomena-fenomena sosial yang terjadi di masyarakat dengan lebih ilmiah. Tidak cuma mempelajari fenomena sosial aja, kalian pula akan belajar tentang ekonomi, agama, budaya, pendidikan, hubungan internasional, komunikasi, psikologi, lingkungan, bahkan kesehatan. Tidak heran bila para lulusan dari jurusan ini mempunyai skill untuk berpikir luas.

Konsentrasi jurusan Sosiologi
Seperti yang telah kalian ketahui, pembahasan pada jurusan Sosiologi begitu luas, maka di jurusan ini kalian pun dapat memilih beberapa konsentrasi. Sosiologi dapat dikerucutkan menjadi beberapa sub program studi seperti Sosiologi Industri, Sosiologi ekonomi, Sosiologi lingkungan, Sosiologi Perkotaan atau Pedesaan, Sosiologi Politik, Sosiologi Kriminalitas, Sosiologi Agama, sampai Sosiologi Gender.

Kemampuan yang akan dikuasai
Hampir semua mata kuliah di jurusan ini akan mempelajari teori-teori mengenai aspek kehidupan sosial. Permasalahan sosial adalah isu yang seringkali kompleks dan memperlukan cara berpikir yang kritis untuk mengertinya. Maka dari itu, cara berpikir setiap hari akan semakin terasah untuk berpikir sistematis dan kritis. Hal itu pun dapat menjadi bekal yang penting untuk kalian dapat sukses di masa depan.

Prospek Kerja jurusan
Inilah dia pertimbangan utama yang umumnya dicari oleh calon mahasiswa. Sesudah lulus dari jurusan Sosiologi, kalian akan memperoleh gelar Sarjana Sosial (S.Sos). Kalian dapat berkarier di bidang pemberdayaan sosial, sumber daya sosial, / menjadi peneliti sosial, praktisi sosial, hingga perencana sosial.

Baca juga : MENARIK NIH !! MACAM MACAM SISTEM EKONOMI