FAKTA MENARIK SUMPAH PEMUDA

SUMPAH PEMUDA

Pas banget nih ,bertepatan dengan hari sumpah pemuda. Di peringati setiap tanggal 28 Oktober, apakah anda tahu apa yang di maksud sumpah pemuda. yaitu satu patok ulung dalam silsilah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini ditafsir sebagai kristalisasi motivasi untuk menitikberatkan cita-cita berdirinya negara Indonesia. ada juga beberapa fakta menariknya.

Berikut beberapa fakta faktanya :

  • Disumpahkan di Rumah Orang Tionghoa
    Kontribusi remaja keturunan Tionghoa lumayan kuat dalam Kongres Pemuda II. Terlebih, gedung latar pencerapan Sumpah Pemuda ialah asrama murid milik blaster Cina bernama Sie Kok Liang.

Baca juga : PERBEDAAN WINDOWS DAN LINUX

  • Ditulis oleh Mohammad Yamin
    Mohammad Yamin yang menjadi penulis dalam kongres serta mengikuti rapat maraton yang diselenggelarkan pada 27-28 Oktober 1928. beliau juga bertukar pikiran bersama utusan lain dari bermacam daerah. Bersumberkan musyawarah dalam rapat tersebut, mencetuskan Sumpah Pemuda.
  • Awalnya di nyanyikan
    Pertama kalinya, lagu “Indonesia Raya” dinyanyikan langsung oleh pembuatnya, Wage Roedolf Soepratman, dengan intonasi biola. Namun tanpa syair, sebab dikhawatirkan kata “Indonesia” dan “Merdeka” dalam syair lagu dapat menumbuhkan masalah dengan Polisi Belanda.
  • Mula panggilan
    Sebutan “Sumpah Pemuda” baru ada beberapa hari selepas Kongres diselenggarakan. Biarpun sepertu, hari peringatannya tetap pada tanggal rumusan itu dibacakan, yaitu 28 Oktober. Namun pada mulanya, rumusan ini tidak dinamakan seperti sekarang
  • Tempat mula rapat
    Kongres Pemuda II hari pertama, yaitu pada tanggal 27 Oktober 1928, diselenggarakan di Lapangan Banteng (kini termasuk wilayah Jakarta Pusat), dan tepatnya di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond .