FAKTOR-FAKTOR PENYEBARAN FLORA & FAUNA

FAUNA

Tahukah anda apa saja faktor-faktor persebaran flora dan fauna di Indonesia. Flora dan fauna ialah salah satu sumber kekayaan alam yang sangat berguna bagi warga negara masyarakat. Ada beberapa faktor-faktornya.

Berikut ini faktornya :

Biotik
Faktor biotik berhubungan dengan makhluk hidup sebagai media penyebarannya, baik itu manusia, tumbuhan ataupun hewan. Contohnya, burung yang menjatuhkan biji-biji dari buah yang dimakan. Kemudian, biji itu tumbuh menjadi sebuah tanaman di tempat baru. Contoh yang lain, manusia yang membantu persebaran berbagai fauna di seluruh dunia. Hal tersebut membuat kita dapat melihat fauna endemik dari berbagai negara lain di negara kita.

Edafik
Faktor edafik merupakan faktor-faktor yang berhubungan dengan kondisi tanah pada suatu daerah yang memengaruhi ada flora dan fauna di daerah itu. Unsur-unsur itu bisa berupa pH tanah,struktur tanah, tekstur, jenis tanah, kandungan air, dan juga kandungan udara yang ada di dalam tanah.

Klimatik
Faktor klimatik ialah faktor-faktor yang berhubungan dengan cuaca di suatu daerah yang memengaruhi ada flora dan fauna yang ada di daerah itu. Unsur-unsur yang memengaruhi faktor klimatik diantaranya suhu udara, kelembapan udara, sinar matahari, angin, dan juga hujan.

Fisiografis
Faktor fisiografis merupakan faktor yang berhubungan dengan keadaan fisik suatu daerah. Ada dua unsur yang memengaruhi faktor ini yakni bentukan lahan dan ketinggian tempat. Jadinya dari itu, flora dan fauna yang ada di daerah pegunungan akan sangat berbeda dengan flora dan fauna di daerah pesisir.

Baca juga : BEBERAPA MACAM MAJAS SINDIRAN