FAKTOR PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN

TUMBUHAN

Apakah dari kalian sudah ada yang tau apa saja faktor pertumbuhan dan perkembangan dari tumbuhan. Nah tumbuhan sendiri juga makhluk hidup yang berkembang dengan berfotosintesis. Ada beberapa faktor yang menadalami pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Faktor pertumbuhan dan perkembangannya sebagai berikut :

Eksternal
Faktor eksternal yang berdampak ke pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan ialah faktor yang bersumber dari luar tubuh tumbuhan. Faktor eksternal itu antara lain cahaya, zat hara, suhu, air, oksigen dan kelembapan. Zat hara ialah unsur mikronutrien dan makronutrien, contohnya karbondioksida. Selain zat hara, air dan cahaya pula mempunyai gunanya sendiri sebagai faktor eksternal sebagai perkembangan suatu tumbuhan.

Cahaya membantu dalam proses fotosintesis, sedangkan air berguna dalam membantu biji berkecambah dan sebagai asal zat fotosintesis. Selain itu, oksigen berguna dalam proses respirasi , sedangkan kelembapan berfungsi dalam mengatur prosesnya perkecambahan.

Internal
Faktor yang bersumber dari dalam tubuh tumbuhan itu sendiri. Yang termasuk juga ke dalam faktor internal antara lain fitohormon dan gen. Pasti anda telah mendengar tentang gen sebelumnya, Gen yaitu substansi yang menurunkan sifat dari induk pada keturunannya. Dalam tumbuhan, gen dapat mengatur kondisi fisik dan non fisik dari tumbuhan, contohnya rasa buah / warna.

Fitohormon
Sebuah zat yang mengatur fungsi tubuh pada tumbuhan. Semisalnya fitohormon antara lain yaitu auksin, asam abisat, sitokinin, giberelin, etilen, kalin, dan traumalin.

Nah itu tadi seputar pertumbuhan dan perkembangannya, semoga dapat menjadi sumber pengetahuan bagi kalian dan juga bisa menambah wawasan serta bermanfaat bagi orang lain. Terimaksih telah meluangkan waktu anda.

Baca juga : BEDANYA PENDIDIKAN INDONESIA DAHULU DAN SEKARANG