JPG

GIMANA SIH SEJARAH PENDIDIKAN DI JEPANG? MARI KITA SIMAK!!

Halo semua kali ini kita akan membahas sejarah pendidikan di jepang nih, mulai tahun berapa sih pendidikan jepang dimulai? ada berapa zaman pendidikan di jepang? mari kita simak berikut.

sumber : liputan6.com

Sejarah pendidikan Jepang sangat panjang, dimulai dari zaman kuno hingga modern. Berikut adalah beberapa periode penting dalam sejarah pendidikan Jepang:

  • Zaman Kuno (sekitar abad ke-8 hingga abad ke-16): Pada periode ini, pendidikan di Jepang lebih terpusat pada pembelajaran agama Buddha dan pengembangan kemampuan militer. Sekolah-sekolah yang dibuka pada masa itu hanya terbuka bagi kalangan bangsawan dan pendeta.
  • Zaman Edo (1603-1868): Pada periode ini, pemerintah Jepang memperketat pengawasan terhadap penduduknya. Salah satu aturan yang diterapkan adalah samurai harus tinggal di ibu kota dan menempuh pendidikan di sekolah-sekolah militer. Namun, perkembangan pendidikan pada zaman ini lebih berfokus pada pengembangan seni dan keterampilan, seperti seni rupa, seni bela diri, dan kerajinan tangan.
  • Zaman Meiji (1868-1912): Pada periode ini, Jepang mengalami modernisasi dan reformasi besar-besaran, termasuk dalam bidang pendidikan. Fukuzawa Yukichi menjadi tokoh penting dalam gerakan modernisasi pendidikan Jepang dan mendirikan Universitas Keio. Pemerintah juga mendirikan sekolah-sekolah umum untuk masyarakat umum dan memperkenalkan sistem pendidikan yang mirip dengan negara-negara Barat.
  • Zaman Taisho dan Showa (1912-1989): Pada periode ini, pendidikan di Jepang semakin berkembang dengan cepat dan mengalami perubahan besar-besaran. Pemerintah memperkenalkan sistem pendidikan wajib selama sembilan tahun dan mengembangkan kurikulum yang lebih modern. Selain itu, pendidikan di Jepang juga berkembang dalam bidang sains dan teknologi, dengan banyaknya penelitian dan pengembangan teknologi yang dilakukan di universitas-universitas di Jepang.
  • Zaman Heisei dan Reiwa (1989-sekarang): Pada periode ini, pendidikan di Jepang semakin berkembang dengan cepat dan mengalami perubahan besar-besaran. Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengembangkan kurikulum yang lebih fleksibel dan menyesuaikan dengan kebutuhan zaman. Selain itu, pemerintah juga memperkenalkan sistem pendidikan yang lebih inklusif dan berusaha untuk meningkatkan kesetaraan pendidikan di antara semua lapisan¬†masyarakat.

Jadi itu adalah perkembangan pendidikan di jepang jadi kita sekarang sudah tau nih tentang sejarah pendidikan di jepang, semoga ini bisa menambah wawasan dan berguna buat kalian.

baca juga : DAMPAK POSITIF DARI MODERNISASI

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *