INI DIA 5 TIPS MASUK PTN SESUDAH GAP YEAR

JPG

Sebagai seorang pelajar pastinya selalu menginginkan yang terbaik dalam proses belajar. Salah satunya ialah masuk PTN. Ketika kalian memutuskan untuk tidak kuliah dahulu di tahun pertama itu dinamakan gap year. Nah ada lima tips masuk PTN sesudah gap year.

Berikut ini lima tips-tipsnya :

Menumbuhkan motivasi belajar
Mayoritas orang yang memilih gap year sebab kurang beruntung dalam tes masuk PTN di tahun lalu kemungkinan mempunyai motivasi belajar menurun. Maka dari itu, langkah pertama atau awal yang harus dilaksanakan ialah menumbuhkan motivasi belajar terlebih dulu.

Mengatur target
Motivasi belajar telah sudah, langkah seterusnya yakni mengatur target. Dengan memiliki target, kalian dapat tahu mana jalur yang mau kalain ambil dalam masuk ke PTN impian. Target-target tersebut di antara lain ialah target belajar, target nilai yang ingin kalian capai, dan serta target jurusan.

Carilah support system
Support system ialah semacam lingkungan yang begitu mendukung dan memotivasi kalian dalam belajar masuk PTN yang kalian inginkan. Tak hanya support system, tetapi ada pun yang disebut buddy system. Perbedaannya, buddy system yakni teman yang dapat mendukung kalian dalam proses pembelajaran.

Persiapkan semua dengan matang
Sebab kalian gap year, itu maknanya tak ada lagi kesempatan masuk PTN melewati jalur SNMPTN, melainkan mesti melalui SBMPTN terlebih dulu. Nah, persiapkan apapun yang nantinya kalian perlukan dalam mampu mengikuti SBMPTN.

Belajar giat
Jika motivasi telah diperoleh kembali, target telah matang, dan support system telah ada, langkah seterusnya pastinya belajar. Tinggalkan rasa kurang percaya diri sebab baru saja melewati masa gap year, ini waktunya kalian bangkit dan buktikan pada seluruh orang jika kalian mampu.

Baca juga : PENGERTIAN DAN MANFAAT LUMUT BAGI KEHIDUPAN