INI DIA CIRI SOSIAL KOTA

CIRI SOSIAL

Ciri sosial yang ada di kota, bukankah anda sering menjumpainya di sekitar lingkungan anda. Banyak sekali ciri ciri sosial kota. Simak selengkapnya di bawah ini.

Berikut ini ciri-cirinya :

Berpikir rasional
Masyarakat yang hidup di kota akan berpandangan rasional dan jauh lebih realistis, terlebih pada ekonomi. Maka, tak dapat dipungkiri bahwa tingkat pendapatan dan gaya hidup yang mewah menjadi suatu yang dikejar-kejar bagi penduduk kota.

Jenis pekerjaan
Cukup banyak dan berbagai bidang pekerjaan, mulai dari pegawai aparatur sipil, kantor, dan dosen hingga pekerja serabutan serta pedagang. Pekerjaan yang mempunyai kestabilan dan menentukan hajat hidup orang banyak umumnya akan memperolehkan tingkat lebih tinggi dibandingkan yang lain.

Kepemilikan barang
Hal itulah yang menjadi tolak ukur yang menentukan lapisan sosial di kota. Kepemilikan benda yang dinilai unik dan tak dipunyai orang banyak, sebab faktor harga dan nilai yang tak dapat dijangkau banyak orang, akan menentukan tingkatan tertentu untuk pemiliknya.

Sistem kekerabatan
Sistem tersebut berdasarkan pada kepentingan / patembayan, yang artinya antar individu mempunyai hubungan sosial yang lemah, tak saling mengenal orang di lingkungan, nilai,sikap menjadi kurang berperan dalam berinteraksi., dan norma.

Tingkat pendapatan
Semakin tinggi penghasilan seseorang, maka akan tinggi juha strata sosial yang mereka punyai. Jadi sudah tak heran lagi hal itu menjadi sesuatu yang sangat di kejar.

Baca juga : FAKTOR-FAKTOR PENYEBARAN FLORA & FAUNA