Istilah Buat Kamu Pejuang SNMPTN

Istilah Buat Kamu Pejuang SNMPTN

Istilah Buat Kamu Para Pejuang SNMPTN – Perguruan tinggi merupakan jenjang pendidikan yang ditempuh setelah sekolah menengah. Bagi calon mahasiswa baru yang akan masuk dunia perkuliahan melalui jalur SNMPTN, biasanya kerap merasa asing dengan istilah-istilah baru yang ada di SMPTN. Tak jarang istilah-istilah itu pun membuat bingung, karena ada beberapa siswa yang tidak dijelaskan saat sekolah istilah-istilah SNMPTN. Dari itu artikel ini akan mengulik istilah-istilah yang ada pada SNMPTN membantu calon mahasiswa yang akan masuk pada perguruan tinggi supaya tidak bingung ketika mendengarnya.

LTMPT

Istilah SNMPTN yaitu, LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) dalah lembaga pendidikan di bawah Kemendikbudristek yang bertugas menyelenggarakan tes untuk masuk perguruan tinggi bagi para calon mahasiswa. Adapun LTMPT ini bagian dari serangkaian alur yang harus diikuti calon mahasiswa baru yang ingin masuk PTN.

Setelah mengetahui pengertian LTMPT, penting juga untuk mengetahui fungsinya. Nah, adapun fungsi LTMPT yaitu sebagai berikut:

  1. Mengelola serta mengolah data para calon mahasiswa oleh rektor PTN sebagai bahan seleksi untuk jalur SNMPTN.
  2. Mengelola serta mengolah data para calon mahasiswa oleh rektor PTN sebagai bahan seleksi untuk jalur SBMPTN.
  3. Menyelenggarakan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) SBMPTN yang terdiri dari TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TKA (Tes Kompetensi Akademik) sebagai salah satu syarat seleksi untuk para calon mahasiswa  PTN untuk jalur SBMPTN maupun Mandiri.
  4. Memberikan informasi dari hasil UTBK SBMPTN terhadap para peserta atau calon mahasiswa dan PTN tujuan.

PTN

Perguruan tinggi negeri atau biasa disingkat PTN, yaitu perguruan tinggi yang dikelola atau diselenggarakan oleh pemerintah secara langsung.

SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN maupun SNMPTN Premium adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, selain seleksi mandiri serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

UTBK

UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) adalah tes masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

SBMPTN

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) . Jalur seleksi yang satu ini menjadi kesempatan terbesar dan paling diminati calon mahasiswa untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri. SBMPTN merupakan jalur seleksi perguruan tinggi negeri yang diselenggarakan secara terbuka dan menggunakan seleksi berbasis ujian tulis.

Calon mahasiswa perlu mempersiapkan segala sesuatunya secara matang untuk mengikuti seleksi SBMPTN. Jalur seleksi tersebut memiliki hasil yang terstandar dan kredibel dengan nilai individu bagi setiap peserta.

Kelebihan dari jalur SBMPTN ialah memiliki kemampuan menampung peserta lulusan SMA dari dua  sampai tiga tahun sebelumnya. Penyelenggaraan SBMPTN dilakukan serempak secara nasional dengan menggunakan pola ujian tertulis untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri.

Namun, sejak tahun 2019 ujian tertulis pada jalur SBMPTN dilaksanakan dengan basis komputer. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau yang kerap disingkat LTMPT menjadi penyelenggara ujian jalur SBMPTN.

KIP-K

Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) adalah salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Fungsi dari KIP-K diantaranya yaitu agar mewujudkan mimpi-mimpi tersebut, Kemendikbud luncurkan beasiswa KIP-Kuliah. Nah, beasiswa KIP-Kuliah ini adalah beasiswa yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

PDSS

 Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS  merupakan data sekolah yang berisi rekam jejak kinerja dan nilai rapor peserta didik yang eligible untuk SNMPTN 2022, dari sinilah akan ditentukan apakah para siswa termasuk siswa eligible atau tidak.

NISN

NISN adalah kepanjangan dari Nomor Induk Siswa Nasional merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. NISN adalah kombinasi angka unik yang diberikan oleh setiap sekolah. NISN diberikan pada siswa mulai dari SD, SMP, dan SMA.

NPSN

Sedangkan NPSN adalah singkatan dari Nomor Kepala Sekolah Nasional, yang merupakan kode standar untuk mengidentifikasi satuan pendidikan (Sekolah) yang unik dan membedakan satu sekolah dengan sekolah lainnya. Kode NPSN Indonesia terdiri dari 8 digit

LINJUR

Lintas jurusan atau linjur adalah memilih jurusan saat akan masuk kuliah pada rumpun ilmu yang berbeda jika dibandingkan dengan rumpun ilmu saat masih sekolah. Misalnya, saat di SMA kita berada di kelas IPA/Saintek, kemudian memilih jurusan Sastra (Bahasa/Humaniora) atau Ekonomi (rumpun Soshum/IPS) untuk kuliah.

TPS

Soal TPS (Tes Potensi Skolastik) sebenarnya memang sudah menjadi bagian dari keseluruhan soal-soal UTBK – bersama dengan TKA (Tes Kemampuan Akademik).

TKA

TKA (Tes Kemampuan Akademik) TKA mengukur kemampuan khusus di bidang Saintek atau Soshum. Soal SBMPTN Saintek dan Soshum pada materi TKA merupakan soal-soal High Order Thinking Skills (HOTS).

SAINTEK

Saintek adalah singkatan dari Sains dan Teknologi yang berarti kelompok program studi yang masih berkaitan erat dengan dunia sains dan teknologi.

SOSHUM

Soshum adalah singkatan dari sosial dan humaniora. Dan ini hanya diperuntukkan untuk mengambil jurusan pada kelompok IPS.

UJIAN MANDIRI

Jalur Mandiri atau disebut juga Ujian Mandiri Premium adalah nama yang digunakan oleh masyarakat secara umum untuk menyebut sistem penerimaan mahasiswa baru atau yang dilakukan oleh perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi negeri di Indonesia

GAPYEAR

Istilah SNMPTN yang terakhir yaitu, Gap year adalah kondisi ketika seseorang memutuskan untuk nggak kuliah di tahun pertama setelah lulus dari sekolah. Umumnya, gap year berlangsung selama 1 atau 2 tahun, tergantung dari keputusan individu sendiri.

Jadi itu dia beberapa istilah pada SNMPTN, semoga dengan kamu membaca artikel ini menjadi lebih paham. Semoga Bermanfaat!