JENIS SERTIFIKAT UNTUK SNMPTN 2023. DIJAMIN LOLOS!!

JENIS SERTIFIKAT UNTUK SNMPTN 2023. DIJAMIN LOLOS!!

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN termasuk jalur yang tidak mudah untuk dilalui, bahkan jumlah kuotanya tidak banyak. Selain nilai ujian dan rapor yang bagus, katanya ada beberapa jenis sertifikat kompetisi juga bisa berguna untuk pendaftaran SNMPTN, lho. Apa benar? Yuk simak penjelasan dibawah ini!

Pengertian Sertifikat Kompetisi

Sertifikat kompetisi adalah sebuah lembar kertas yang digunakan untuk menunjukkan seseorang memiliki kemampuan pada bidang tertentu. Sertifikat ini bisa memperlihatkan bahwa seseorang yang lolos dari olimpiade kompetisi sesuai dengan bidang yang dikuasai.

Sertifikat kompetisi bisa didapatkan seseorang setelah menempuh pendidikan di suatu lembaga atau sekolah. Selain itu mereka juga bisa mendapatkannya di luar lembaga pendidikan resmi.
Ada sertifikat lomba yang bisa didapat oleh semua peserta lomba di tingkat tertentu, tapi tidak semuanya adalah pemenang.

Jadi, sertifikat ini hanya bukti bahwa nama orang yang tertulis pernah menjadi peserta lomba, bukan juara. Tapi, ada juga sertifikat yang hanya bisa diperoleh oleh pemenang, bukan semua peserta.

Manfaat Sertifikat Kompetisi

  1. Sebagai dokumen tambahan untuk menambah nilai plus saat mendaftar ke SMA atau universitas.
  2. Menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi sejumlah perusahaan saat melamar pekerjaan, terutama jika perlombaan yang kalian ikuti sesuai dengan jenis perusahaan yang kalian lamar.
  3. Bisa membantu mendapatkan beasiswa sekolah atau kampus.
  4. Dapat membuktikan skill yang miliki dalam bidang-bidang tertentu karena dikeluarkan oleh pihak yang berwenang sehingga dapat menjamin keaslian dari sertifikat penghargaan tersebut.
  5. Memberikan pengalaman berharga dan menambah wawasan karena pernah mengikuti perlombaan tertentu.

Jenis Sertifikat yang Berguna untuk SNMPTN

Ribuan calon siswa yang mendaftar melalui jalur SNMPTN adalah orang yang berpeluang memiliki nilai terbaik dari sekolah manapun. Oleh karena itu, kalian harus menunjukkan prestasi kalian dengan melampirkan satu atau beberapa sertifikat.

Jadi kembali ke pertanyaan sertifikat kompetisi juga bisa berguna untuk pendaftaran SNMPTN,? Jawabannya tentu saja “ya”. Namun, selain sertifikat, kalian harus unggul dalam hal akademik. Berikut adalah beberapa sertifikat yang paling berguna untuk mendaftar ke SNMPTN:

1. Sertifikat Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Olimpiade Sains Nasional atau biasa disingkat OSN dan kini sudah berganti nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah salah satu olimpiade paling bergengsi dan populer di kalangan anak sekolah.
OSN sendiri merupakan kompetisi tingkat nasional untuk siswa SD/SMP/SMA sederajat dibawah Kemendikbud RI yang meliputi bidang sains seperti olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Astronomi, Ekonomi, dan lainnya.

Sertifikat OSN ini bisa dilampirkan untuk SNMPTN dan akan menambah poin kalian untuk diseleksi. Sebaiknya yang diupload adalah sertifikat yang mendapatkan juara minimal tingkat kabupaten/kota.

Namun, sertifikat olimpiade Sains ini hanya bisa menambah poin kalian jika kalian minimal sudah berhasil menjadi peserta di tingkat kota/kabupaten, bukan masih berada di lingkup sekolah. Jika kalian ingin mendapatkan sertifikat OSN kalian bisa banget mengikuti berbagai kompetisi dan olimpiade yang diadakan oleh BEELAJAR.COM dengan cara bergabung atau mendaftar sebagai peserta kompetisi BEELAJAR.COM.

2. Sertifikat O2SN

sumber: id.scribd.com/Sertifikat-O2SN

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) adalah kompetisi di bidang olahraga bagi para siswa SMA, biasakan perlombaan seperti : Atletik, Senam, Bulu Tangkis, Renang, Karate dan masih banyak lainnya juga.

3. Sertifikat FLS2N

sumber: https://www.smpn1purwanegara.sch.id/prestasi/

FLS2N atau kependekan dari Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional adalah kompetisi di bidang seni dan budaya bagi siswa-siswi mulai jenjang sekolah dasar, menangah pertama dan akhir (SD, SMP dan SMA sederajad).

4. Sertifikat Lomba LKTI dan Esai

sumber:

Selanjutnya adalah sertifikat lomba karya tulis ilmiah (LKTI) atau lomba esai. Biasanya lomba-lomba seperti ini dilaksanakan oleh pihak-pihak kampus dan ditujukan untuk siswa-siwa SMA supaya kreatif dan berkompetisi.

Nah, untuk yang lomba LKTI dan Esai ini sebaiknya lampirkan saja yang juara ya, kalau cuma peserta saja tidak perlu diunggah di pendaftaran SNMPTN. Minimal yang bisa diupload adalah finalis bukan semifinalis/peserta.

Hal yang Harus Diperhatikan untuk E-Sertifikat ini Adalah :

  1. Jelas siapa Nama Penyelenggara Lomba/Olimpiade/Kompetisi
  2. Jelas Nama Acara Lomba/Olimpiade/Kompetisi
  3. Sangat dianjurkan e-sertifikat ada No. Sertifikatnya (no. unik yang beda setiap pemegang sertifikatnya).

Jadi apakah sertifikat kompetisi itu penting? Berdasarkan seluruh penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa jawaban atas pertanyaan ini adalah ya. Maka kalian harus bisa lebih rajin lagi untuk mengikuti berbagai kompetisi agar bisa memperoleh banyak sertifikat yang sesuai dan jangan lupa juga rajin belajar agar nilai akademik kalian tetap bagus ya…..

Bagi kalian yang ingin mendapatkan sertifikat-sertifikat diatas untuk SNMPTN kalian bisa mengikuti berbagai kompetisi dan olimpiade yang diadakan oleh BEELAJAR dengan cara mendaftar dan terus mencari info tentang kompetisi BEELAJAR melalui Instagram kita ya @beelajarofficial. So jangan sampai ketinggalan…..