Jenis Sertifikat Untuk SNMPTN 2023

Jenis Sertifikat Untuk SNMPTN 2023

Jenis Sertifikat Untuk SNMPTN 2023 – Salah satu jalur masuk yang paling banyak dituju oleh lulusan sekolah menengah adalah SNMPTN. Jalur seleksi menggunakan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan portofolio akademik, tersebut diminati karena memberikan persentase cukup besar untuk diterima di Perguruan Tinggi.

Perlu kamu ketahui bahwa persiapan untuk bisa mengikuti SNMPTN 2023 tidak bisa dilakukan secara instan. Bahkan, ada yang mengambil persiapan hingga lebih dari satu tahun agar dapat lulus seleksi dan diterima di jurusan impiannya.

SNMPTN dilaksanakan setiap satu tahun sebelum pelaksanaan SBMPTN. Namun saat belum ada informasi pasti tentang pembukaan SNMPTN 2023.

Akan tetapi disini kita akan bahas terlebih dahulu sertifikat yang bisa dilampirkan untuk SNMPTN 2023, agar kamu nanti bisa mempersiapkannya dengan matang.

Peran Sertifikat

Peran Sertifikat dan Piagam adalah sebagai nilai tambah yang dapat menunjukkan bahwa kamu memiliki kelebihan atau prestasi yang dapat dibanggakan serta dipertimbangkan dalam seleksi SNMPTN.

Sertifikat yang Berlaku

Untuk mengetahui bagaimana sertifikat yang berlaku, maka dapat kita bagi menjadi 2 kategori :

1. Kategori Prestasi

• Keolahragaan
• Seni Budaya
• Kepramukaan dan Organisasi Ekstrakulikuler
• Penelitian
• Olimpiade dan Kompetisi

2. Lembaga yang Mengeluarkan

• Lembaga Pemerintahan atau Badan Resmi Negara
• Badan atau Dinas Setara Provinsi dan Resmi Negara
• Lembaga, Organisasi, dan Badan Resmi Negara
• Lembaga sertifikasi, pelatihan, dan pengembangan pendidikan yang terdaftar resmi
• Universitas, Sekolah, atau Lembaga Pendidikan resmi lainnya

Jenis Sertifikat

1. Sertifikat Olimpiade Sains Nasional (OSN)

OSN sendiri merupakan kompetisi tingkat nasional untuk siswa SD/SMP/SMA sederajat dibawah Kemendikbud RI yang meliputi bidang sains seperti olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Astronomi, Ekonomi, dan lainnya.

Sertifikat OSN ini bisa dilampirkan untuk SNMPTN dan akan menambah poin kalian untuk diseleksi. Sebaiknya yang diupload adalah sertifikat yang mendapatkan juara minimal tingkat kabupaten/kota.
Bagaimana jika punyanya sertifikat OSN sebagai peserta?

Jika misalnya tidak punya yang juara dan ingin upload yang sebagai peserta juga tidak masalah berarti kalian juga sudah mewakili SMA kalian.

2. Sertifikat O2SN

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) adalah kompetisi di bidang olahraga bagi para siswa SMA, biasakan perlombaan seperti : Atletik, Senam, Bulu Tangkis, Renang, Karate dan Pencak Silat.

3. Sertifikat FLS2N

FLS2N atau kependekan dari Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional adalah kompetisi di bidang seni dan budaya bagi siswa-siswi mulai jenjang sekolah dasar, menangah pertama dan akhir (SD, SMP dan SMA sederajad).

4. Sertifikat Lomba LKTI dan Esai

Selanjutnya adalah sertifikat lomba karya tulis ilmiah (LKTI) atau lomba esai. Biasanya lomba-lomba seperti ini dilaksanakan oleh pihak-pihak kampus dan ditujukan untuk siswa-siwa SMA supaya kreatif dan berkompetisi.

Nah, untuk yang lomba LKTI dan Esai ini sebaiknya lampirkan saja yang juara ya, kalau cuma peserta saja tidak perlu diunggah di pendaftaran SNMPTN. Minimal yang bisa diupload adalah finalis bukan semifinalis/peserta.

Lomba Kompetisi Olimpiade, Debat, Cerdas Cermat, Baris Berbaris, dan lainnya.
Selanjutnya lagi yaitu apapun itu sertifikat lomba atau kompetisi bisa diunggah ya. Asalkan kalian bukan peserta dan minimal sudah menjadi finalis silakan diunggah saja.

5. Sertifikat Keahlian (Pelatihan)

Nah, khusus anak SMK, biasanya kalian sebelum lulus ada sertifikasi keahlian dan mempunyai sertifikat pelatihan khusus kan? nah ini bisa banget buat di unggah dan bisa jadi nilai plus buat kalian lolos seleksi SNMPTN nanti.

6. e-Sertifikat untuk SNMPTN

Apakah bisa e-certificate untuk SNMPTN? Bisa. Apabila memenuhi syarat poin 1-7 diatas ya. Maksudnya adalah e-certifikat untuk snmptn ini bukan sebagai peserta seminar, peserta lomba, dan juga sebagai anggota dalam organisasi/komunitas.

Hal yang harus diperhatikan untuk e-sertifikat ini adalah :

  • Jelas siapa Nama Penyelenggara Lomba/Olimpiade/Kompetisi
  • Jelas Nama Acara Lomba/Olimpiade/Kompetisi
  • Sangat dianjurkan e-sertifikat ada No. Sertifikatnya (no. unik yang beda setiap pemegang sertifikatnya).

Source: yusufstudi.com