JENIS WEB SERVER DAN CARA KERJANYA

WEB SERVER

Tahukah anda jenis jenis web server dan cara kerjanya. sebelum itu mari kita bahas apa dahulu pengertiannya, itu adalah perangkat lunak (software) yang ada dalam server dan berfungsi untuk menerima halaman website sebagai permintaan melalui protokol HTTPS/HTTP. Protokol tersebut saat ini biasa dikenal dengan nama browser. Setelah itu, hasil dari permintaan atau respon harus dikirim kembali menjadi dokumen HTML. Ada juga beberapa jenis dan cara kerjanya.

Berikut beberapa jenis jenisnya :

  • NginX
    Merupakan jenis yang menjadi pesaing ketat dari Apache. NginX memiliki banyak keunggulan seperti kemampuan dalam melayani segala macam permintaan mulai dari data yang tinggi dengan traffic yang padat.
  • Apache
    Merupakan jenis yang paling banyak digunakan di internet. Pada awalnya, Apache didesain hanya untuk mendukung sistem operasi UNIX. Cara kerja web server apache dipengaruhi oleh dukungan dari PHP, SSL dan juga kontrol akses.
  • Internet Information Service
    Merupakan web server ciptaan dari Microsoft yang terintegrasi di dalam sistem operasi Windows. Meskipun kurang populer, namun IIS telah berkembang dan berevolusi secara masif sejak pertama kali diperkenalkan 20 tahun yang lalu.
  • Lighttpd
    Lighttpd cukup dikenal dengan cara kerja open source dengan dukungan dari sistem Linux dan Unix. Jika dilihat dari segi keunggulannya, Lighttpd memiliki fitur yang cukup lengkap dan selalu berinovasi dengan fitur-fitur yang luar biasa. Beberapa contoh fiturnya antara lain FastCGi, Output-Compression, FastCGi, dan URL Writing.

Berikut beberapa cara kerjanya :

Secara Sederhana.
Carakerja web server dapat dibentuk dalam request dan response. Request berarti tindakan dalam permintaan dari klien dan response berarti tindakan untuk mengirimkan permintaan dari klien.
Meskipun proses atau cara kerja web server dapat dibilang sangat rumit, namun pada prakteknya proses tersebut berlangsung dengan sangat cepat.

Baca juga : FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIF

Secara Umum.
Cara kerjanya adalah dengan menerima permintaan yang berasal dari klien kemudian mengirimkannya kembali dalam bentuk berkas kepada klien tersebut.
Perangkat lunak yang digunakan terdapat di komputer server sebagai tempat menyimpan data-data website. komputer server membutuhkan akses internet yang cukup agar tetap terhubung dan dapat diakses oleh klien.