jpg

LATIHAN SOAL DAN PEMBAHASAN SENDI

Sendi adalah struktur dalam tubuh yang menghubungkan dua atau lebih tulang, memungkinkan gerakan dan memberikan dukungan struktural pada tubuh. Sendi memainkan peran penting dalam mobilitas tubuh dan memfasilitasi berbagai aktivitas sehari-hari. Selain itu, sendi juga berfungsi sebagai penyerap kejutan dan mendistribusikan beban tubuh dengan baik. Di bawah ini terdapat latihan soal dan pembahasan sendi.

Berikut terdapat latihan soal dan pembahasan sendi :

1. Apa perbedaan utama antara sendi sinovial dan sendi kartilaginosa?

Jawaban:
Sendi sinovial memiliki kapsul sendi dan cairan sinovial yang memungkinkan gerakan yang bebas, sementara sendi kartilaginosa di hubungkan oleh jaringan kartilago yang elastis dan memungkinkan gerakan terbatas.

Pembahasan:

Sendi sinovial memiliki struktur yang lebih kompleks dan memungkinkan gerakan yang lebih bebas di bandingkan dengan sendi kartilaginosa yang memiliki gerakan terbatas karena keterbatasan jaringan kartilago.

2. Apa fungsi ligamen dalam sendi?

Jawaban:
Ligamen menghubungkan tulang dengan tulang, memberikan kestabilan pada sendi, dan mencegah pergerakan yang tidak di inginkan.

Pembahasan:

Ligamen berperan penting dalam memberikan kekuatan dan kestabilan pada sendi. Mereka membantu mencegah dislokasi atau pergerakan yang berlebihan.

3. Sebutkan salah satu jenis sendi imut dan berikan contohnya.

Jawaban:
Jenis sendi imut adalah sendi tengkorak manusia. Contohnya adalah sutura-sutura di tengkorak kepala yang terdiri dari jaringan ikat padat.

Pembahasan:

Sendi imut di temukan di tengkorak dan memiliki fungsi utama untuk memberikan kestabilan struktural pada tulang-tulang kepala.

4. Apa yang membedakan sendi sinovial dari sendi kartilaginosa dalam konteks gerakan?

Jawaban:
Sendi sinovial memungkinkan gerakan yang bebas dan luas, sedangkan sendi kartilaginosa memungkinkan gerakan yang lebih terbatas.

Pembahasan:

Perbedaan ini terkait dengan struktur dan komponen khusus pada sendi sinovial yang memfasilitasi gerakan yang lebih dinamis.

5. Mengapa cairan sinovial penting dalam sendi sinovial?

Jawaban:
Cairan sinovial berfungsi sebagai pelumas yang memastikan gerakan yang lancar di dalam sendi dan memberikan nutrisi pada tulang rawan.

Pembahasan:

Cairan sinovial membantu mengurangi gesekan antara permukaan sendi, yang mendukung gerakan bebas dan mencegah keausan pada tulang rawan.

Baca juga : PROGRAM KESEHATAN DAN SOSIAL PADA HARI KANKER ANAK

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.com, olimpiadekita.com, pusatbelajar.online, kompetisionline.com, kompetisi.co.id, ajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!Navigasi pos

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *