PENTINGNYA OLAHRAGA UNTUK TUBUH DAN KESEHATAN

OLAHRAGA

Tahukan kalian pentingnya olahraga untuk tubuh dan kesehatan kita. Walaupun kita sudah berusia lanjut tetap membutuhkan yang namanya olahraga tubuh.

Manfaat olahraga bagi kesehatan jelas sangat banyak dan bisa dirasakan oleh setiap orang ,tak bisa dipungkiri bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang untuk bisa membuat tubuhnya tetap sehat dan bugar.

Olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak.

Pentingnya bagi tubuh dapat diilustrasikan seperti mesin yang tidak pernah digunakan/digerakkan.
Lambat laun, bagian-bagian dari mesin akan rusak karena tidak terlatih untuk terus bergerak/bekerja. Demikian pula tubuh, jika kurang gerak, tubuh akan menjadi bermasalah dan tidak sehat.

Dengan berolahraga, tidak hanya otot-otot yang terlatih, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. Tubuh akan terasa segar dan otak sebagai pusat saraf pun akan bekerja menjadi lebih baik. Mari kita lihat manfaat olahraga yang lainnya.
Meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kolestrol, mengurangi stres, membakar lemak, meningkatkan imunitas dan mencegah sakit, meningkatkan fungsi otak dan masih banyak lagi. Berolahraga juga mampu memperlancar peredaran darah dan membakar timbunan lemak dalam tubuh.

Tubuh kita akan semakin sehat jika digunakan untuk bergerak dan beraktivitas selama tidak berlebihan. Salah satu cara untuk mencapai kesehatan yang optimal yaitu dengan berolahraga secara teratur dan makan makanan yang sehat dan bergizi. 

Ada banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan, seperti berenang, berlari, menari, senam, dan masih banyak yang lainnya. Beberapa manfaat olahraga dengan teratur diantaranya :
-Membangun dan mempertahankan otot dan tulang
-Mengurangi risiko penyakit kronis
-Meningkatkan energi, baik untuk orang yang sehat atau mereka yang menderita berbagai kondisi medis
-Meningkatkan metabolisme tubuh
-Membakar lemak
-Mengurangi stress

Olahraga juga dapat mencegah terjadinya gangguan mental seperti yang dialami oleh sebagian orang akibat pandemi covid-19. Pada masa pandemi covid-19 masyarakat justru lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dengan menonton televisi 

bermain handphone, dan bermain game dimana hal tersebut beresiko menimbulkan penyakit. Meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi sangatlah penting untuk melindungi diri dari virus Covid-19.
Pastinya kita semua tidak menginginkan sesuatu yang negative terjadi pada kesehatan tubuh kita, oleh sebab itu kita perlu merawat kekebalan tubuh dengan cara meluangkan waktu 15-30 menit setiap harinya untuk menjaga kekebalan tubuh dan tidak merasa cepat lelah.

Baca juga di : DASAR WEB DAN JENISNYA