TOLERANSI

PENTINGNYA SIKAP TOLERANSI

Dikenal jugadengan kata tenggang rasa. Secara istilah, Toleransi ialah salah satu sikap menghargai dan menghormati perbedaan sesama manusia. Allah SWT menciptakan manusia beda satu dengan yang lain. Perbedaan itu bisa dijadikan kekuatan bila dilihat secara positif.

Berikut beberapa contohnya :

Baca juga : BEBERAPA PRASASTI KERAJAAN TARUMANEGARA

  1. Saling memaafkan
    Bila ada teman yang bertengkar satu dengan yang lain, cobalah untuk melerai terlebih dahulu. Setelah itu , ajak mereka membicarakan baik baik untuk menemukan solusi, lalu ajak mereka saling maaf saling memaafkan dan menyelesaikan masalah.
  2. Memperioritaskan kepentingan Bersama.
    Bersikap adil pada teman saat ada pertandingan class meeting merupakan contoh sikap toleransi di sekolah. Tak hanya itu, saat di sekolah anak juga tidak boleh egois dan selalu mengutamakan kepentingan bersama.
  3. Menghormati walau berbeda agama.
    Tenggang rasa beragama ialah hal yang sangat penting di sekolah. Contoh sikap toleransi beragama di sekolah ialah menghormati teman yang agamanya beda. Jangan pernah menghina, apalagi mengusik teman yang sedang beribadah. Karena itu ialah salah satu contoh tidak terpuji dalam suatu lingkungan.
  4. Tidak membully
    Menghina dan main tangan ,apalagi sampai membully bukanlah contoh sikap toleransi di sekolah. jangan lupa ya teman teman, membully tidak hanya dengan fisik, ataupun verbal. lalu memberi stereotip kepada teman bukanlah contoh sikap toleransi di sekolah yang baik apalagi untuk ditiru.
  5. Tolong menolong.
    Contoh sikap toleransi di sekolah lain ialah tidak memilih milih teman. Karena memilih-milih teman bukanlah tindakan yang mencerminkan kesatuan dan toleransi. Sebaliknya, ajarkan siswa siswa untuk saling tolong menolong dengan teman di sekolah.

Demikian adalah artikel dan juga beberapa contohnya semoga dapat memeberikan referensi dan bermanfaat bagi anda terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca

1 komentar untuk “PENTINGNYA SIKAP TOLERANSI”

  1. Pingback: BEBERAPA PRASASTI KERAJAAN TARUMANEGARA

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *