PERLU DIKETAHUI!! 5 DAMPAK CYBER BULLYING

BULLYING

Sudah menjadi pembahasan yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Tahukah kalian apa yang di maksud cyber bullying, sebuah tidakan perundungan terhadap seorang atau perkumpulan orang baik dalam dunia maya atau non dunia maya. Ada beberapa dampak dari cyber bullying.

Berikut ini dampak-dampaknya :

Paranoid
Selalu merasa tak aman dan cemas merupakan dampak lain dari cyber bullying. Para pelaku bully bisa kapan saja masuk ruang pribadi korban melewati akses dari telepon genggam maupun internet yang berada di komputer, jadinya korban bullying tak pernah merasa benar-benar bisa beristirahat dari teror tersebut.

Stres dan Depresi
Menghadapi penghinaan dan tekanan terus terusan akan menaiknya frekuensi perasaan sedih dan melakolis yang akan mengarah kepada terjadinya stres dan depresi pada korban. Perasaan bahagia akan sulit dirasa sebab terkikis oleh beberapa kejadian buruk yang dihadapi. Bila perlu, korban bullying bisa melaksanakan terapi psikologi supaya depresi dapat ter atasi.

Menjadi Pelakunya
Seorang korban biasamya menjadi pelaku agar mempertahankan diri maupun cuma sekedar meniru. Dia tentunya tahu apa yang bisa dijadikan sasaran oleh para pelaku cyber bullying dan beralih meniru para pelaku. Atau mungkin dengan alasan agar dirinya dianggap hebat dan terhindar dari penindasan lebih lanjut.

Dipermalukan
Tujuan para pelaku memang agar membuat korbannya jatuh secara mental demi kesenangan mereka sendiri. Korban bullying akan merasa dipermalukan dalam waktu yang cukup lama, bahkan mungkin seumur hidup, sebab di dunia cyber semua materi yang diinput dan berhubungan dengan bullying itu akan selalu ada dan mengusik korban.

Kehilangan Rasa Percaya Diri
Keyakinan terhadap diri sendiri perlahan juga akan menghilang saat mengalami hal itu. Image positif terhadap diri sendiri pula dapat terkikis dan membuat korban memandang buruk dirinya sendiri. Merasa diri tak berharga dan tak pantas ditolong, dan beberapa pandangan serta perasaan buruk yang lain.

Baca juga : YUK DAFTAR OPENESIA VOL. 2 !!!