BEBERAPA POTENSI SUMBER DAYA UNTUK KETAHANAN PANGAN

KRTAHANAN PANGAN

Tahukah anda apa saja potensi sumber daya untuk ketahanan pangan. Ketahanan pangan merupakan kesiapan pangan dan keahlian seorang dalam mengaksesnya. Ada beberapa sumber daya untuk ketahanan pangan simak di bawah ini.

Berikut ini macam-macam sumber daya :

Perkebunan
Suburnya tanah dan mendukungnya alam Indonesia, rakyat Indonesia dapat menanam apapun dan akan tumbuh. Jadinya bukan cuma pertanian, tapi sektor perkebunan pun dapat ikut dimaksimalkan dalam mendukung ketahanan pangan. Beberapa potensi sektor perkebunan yang ada dan dapat dikembangkan antara lain :

Tebu
Bahan pokok gula ini begitu banyak dan gampang tumbuh di Pulau Jawa. Wilayah penghasil tebu terutama contohnya Jawa Timur, yang menjadi penghasil gula terbesar, lalu lampung, dan cirebon.

Kelapa Sawit
Bukan menjadi hal yang aneh lagi, Sumatra merupakan salah satu perkebunan dan penghasil kelapa sawit yang paling banyak di Indonesia. Hampir semua wilayah di Sumatra tentunya memiliki perkebunan kelapa sawit.

Peternakan dan Perikanan
Daging menjadi salah satu sumber protein yang begitu penting dan butuh dikembangkan. Selain untuk berkebun dan bertani, lahan Indonesia yang luas itu pun digunakan oleh para pemilik hewan dalam menggembalakan ternaknya. Peternakan bisa dibagi jadi tiga golongan berdasarkan apa yang diternakkan oleh sipemilik peternakan itu.

Pertanian
Indonesia berada di daerah khatulistiwa. Keadaan itu menjadikan Indonesia jadi sebuah negara beriklim tropis yang mendapat curah hujan yang tinggi. Selain hal itu, sebab berada di jalur vulkanis yang cukup aktif, akibatnya Indonesia mempunyai banyak gunung api. Jadinya, Indonesia mempunyai tanah yang kaya akan mineral dan subur, dan itu baik baut pertanian.

Baca juga : MANFAAT BIOLOGI DALAM BEBERAPA BIDANG