SEJARAH HARI BAKTI RIMBAWAN YANG KE 40

JPG

Pada hari kamis 16 Maret 2023 ini, bertepatan dengan hari bakti rimbawan yang ke 40. Tahukah kalian bagaimana silsilah dari hari bakti rimbawan yang ke 40 ini? Nah kalian bisa simak pembahasan sejarahnya di bawah ini.

Sejarah

Pada awal mula berdirinya Republik Indonesia, pemerintah tak mempunyai kementerian khusus untuk mengawasi sektor kehutanan. Sektor kehutanan waktu itu masih berada di bawahnya Departemen Pertanian. Bidang Kehutanan yang berada di bawah Departemen Pertanian tersebut yang lalu menjadi cikal bakal atau asal muasal terbentuknya Departemen Kehutanan dan juga sekarang bernama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sesudah dibuat menjadi kementerian khusus pada saat masa Orde Baru,semua hal yang berhubungan atau berkaitan dengan area hutan di Indonesia dikelola langsung oleh pemerintah. Hal ini dimaksudkan supaya pemerintah bisa mengatur pemeliharaan dan juga pemanfaatan hutan di Indonesia lebih berjalan optimal.

Namun pada kenyataannya, ada beberapa pihak yang tak bertanggung jawab memanfaatkannya buat kepentingan diri sendiri dan juga golongan tertentu lainnya. Hutan yang seharusnya menjadi sumber pemasukan untuk warga sekitar justru cuma dimanfaatkan segelintir pihak. Sesudah masa reformasi, area perhutanan lalu dikelola oleh pemerintah wilayah yang menjalin kerjasama dengan pihak swasta.

Buat bisa mengelola kawasan hutan Indonesia yang sangat luas dan juga mempunyai keanekaragaman hayati sangat melimpah, diperlukan pembelajaran panjang. Dibutuhkan pendidikan dan juga promosi terpadu dan juga berkesinambungan buat mengenalkan pentingnya untuk pelestarian hutan.

Nah itu tadi adalah sejarah dari hari bakti rimbawan yang ke 40, semoga dapat bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan kalian. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca.

Baca juga : 5 FAKTA BIDIK MISI YANG PERLU DIKETAHUI