BEDANYA PENDIDIKAN INDONESIA DAHULU DAN SEKARANG

PENDIDIKAN

Sudah menjadi pengetahuan umum bila pendidikan itu sangatlah penting, pendidikan pula sering berubah seiring dengan berkembangannya jaman. Nah, menarik bukan simak di bawah ini seputar hal tersebut.

Berikut ini seputar hal tersebut :

Mengakses Pelajaran
Pada zaman dahulu murid mengakses pelajaran sekolah dengan keterbatasan. Selain murid belajar di sekolah, umumnya murid mengikuti kelas bimbingan belajar yang diarahkan wali kelasnya. Lembaga-lembaga belajar yang memang telah ada, tetapi masih sedikit sekali. Sedangkan dijaman sekarang mengakses pelajaran sangatlah mudah.

Tujuan utama bersekolah
Nilai-nilai karakter meliputi rasa sopan santun, semangat belajar, tanggung jawab, dan kejujuran. Jaman dahulu, hal-hal tersebut yang sangat diperhatikan oleh guru, orangtua, dan murid. Semakin jaman berkembang, murid-murid justru cuma mementingkan nilai yang ada pada rapot semata. Hasil tugas dan ulangan menjadi tolak ukur.

Sumber dari informasi
Seorang murid pasti memperlukan sumber informasi agar mendukung proses dalam belajar. Tetapi sayangnya, jaman dulu begitu susah mendapatkan referensi tambahan yang bisa memperkaya pengetahuan. Cara satu-satunya ialah dengan membaca buku / koran. Sebaliknya, kini banyak sumber pembelajaran yang dapat diperoleh.

Alat dukung belajar
Untuk murid sekitar tahun 1997-2000-an, tentunya pernah mengalami pembelajaran mengenakan papan tulis hitam, penggaris kayu, dan kapur. Selain hal itu, catatan pelajaran pula cuma memakai buku tulis. Sedangkan, alat dukung belajar masa kini telah memakai papan tulis putih dan spidol. Bahkan, banyak guru yang kini menerangkan materi dengan layar proyektor.

Kurikulumnya
Sepanjang sejarah pendidikan di Indonesia, ada beragam macam kurikulum yang pernah diterapkan. Dalam waktu 7 sampai 10 tahun, tentunya selalu adanya pergantian. Salah satu kurikulumhya yang paling terkenal yakni kurikulum 1994 yang menerbitkan istilah CBSA / Cara Belajar Siswa Aktif. Sistemnya menerapkan kegiatan pembelajaran yang cenderung sering di dalam kelas.

Baca juga ya : INFORMASI PENDAFTARAN OLAN VOL 2 !!!