Tips Memilih Jurusan Kuliah !

Tips Memilih Jurusan Kuliah !

Jurusan merupakan salah satu aspek penting bagi masyarakat yang ingin melanjutkan pada jenjang perkuliahan. Mengapa begitu? hal ini dikarenakan jurusan kuliah juga memiliki pengaruh dalam kehidupan, bakat, dan juga karir di masa mendatang. Bagi kalian yang masih bingung untuk memilih jurusan kuliah, ada beberapa tips untuk mengetahuinya.

Berikut beberapa tips penting untuk memilih jurusan kuliah untukmu:

  1. Mengenali Cita – Cita, Minat, dan Potensi Diri

Sebelum memilih jurusan kuliah, ada baiknya kalian harus mengubah persepsi terlebih dahulu sobat. Jangan menanyakan jurusan apa yang harus sobat sekalian pilih? Tetapi tanyakan jurusan apa yang tepat untuk sobat sekalian.

Baca Juga: Nama-Nama Jurusan Kuliah yang wajib kamu ketahui

  1. Kenali Passion yang Sobat Miliki

Modal utama lainnya ialah passion atau hasrat. Jika kamu memiliki kemampuan di bidang Sains, tapi ternyata minat dan keinginan berada di jurusan Bahasa karena memang menyukai sastra. Karenanya, kamu bisa mengambil jurusan yang agak berseberangan dengan kemampuan. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah passion yang dimiliki harus benar-benar kuat, bahkan menjadi salah satu hobi.

  1. Sesuai Biaya Kuliah

Kalau sobat sekalian ingin kuliah di jurusan apa pun, pertimbangkan keuangan dari orangtua. Jangan sampai mengambil jurusan yang cukup mahal biaya pendidikannya, tapi orangtua tidak mampu membiayainya. Jadi, sebaiknya kamu diskusi dengan orangtua dahulu terkait dengan jurusan yang akan diambil dan pertimbangan biayanya. Kalau orangtua bisa mengusahakan, kamu tidak akan kebingungan, tapi kalau sulit direalisasikan ya kamu bisa mengambil jurusan lain atau mencari beasiswa. Cari peluang seperti jurusan ini memiliki peluang besar dengan biaya Pendidikan yang sedikit.

  1. Lihat Peluang Kerja

Ambil jurusan yang sekiranya memiliki peluang pekerjaan cukup tinggi. Percuma jika mengambil yang terlihat keren tapi peluang kerjanya sangat rendah. Lihat alumni dari jurusan yang akan kamu ambil agar tahu jenis pekerjaan apa saja bisa dimasuki.

  1. Lakukan Riset

Lakukan riset terkait dengan jurusan yang akan kamu ambil. Riset ini bisa dilakukan dengan mencari tahu lokasi, mata kuliah, lulusan, biaya kuliah persemester, hingga profil dari jurusan. Riset ini akan membuat kamu semakin yakin apakah akan mengambil jurusan tersebut atau tidak.

  1. Tidak Ikut Teman

Sepele tapi ini bisa merugikan jika kamu salah pilih jurusan hanya gara-gara ikut-ikutan teman saja. Apa pun alasannya jangan sesekali mengikuti teman atau mungkin kekasih kalau mengambil jurusan kuliah. Hanya pilih jurusan yang sesuai minat dan kemampuanmu.

  1. Konsultasi dengan Ahli

Tips terakhir ini jika kamu benar-benar buta dengan jurusan apa saja yang akan diambil. Maka solusinya, lakukan konsultasi. Konsultasi ini bisa dilakukan dengan guru, orangtua, kakak tingkat, atau siapa saja yang lebih ahli dalam bidang ini. Sebelum tes masuk perguruan tinggi, usahakan memiliki jurusan yang akan dituju. Jangan asal memilih karena kalau terlanjur masuk dan kamu tidak menikmatinya, peluang kuliah cepat lulus akan rendah.

Baca Juga: TIPS MEMBUAT RANGKUMAN MATERI YANG MENARIK