TIPS MENGAJARI ANAK MENULIS DENGAN CEPAT & MUDAH

JPG

Sudah menjadi peran atau tugas seorang orang tua untuk mengajari anak-anaknya dalam menulis dan membaca. Nah perlu di ketahui juga apa saja cara atau tips dalam mengajari anak agar bisa menuis dan membaca. Simak di bawah ini beberapa tips-tipsnya.

Berikut ini beberapa tips-tipsnya :

Pakai Buku & Alat Tulis Warna
Tips yang pertama yakni pakai buku & alat tulis yang berwarna-warni agar menarik perhatian. Umumnya, anak kecil lebih menyukai suatu yang berwarna dari pada yang polos putih dan hitam. Dengan memakai alat tulis warna, anda juga dapat sekaligus mengenalkan nama-nama warna pada si kecil.

Pakai alat tulis bergambar karakter kesukaan
Selain alat tulis warna, Anda pun dapat menggunakan berbagai alat tulis bergambar karakter kesukaan si anak. Contohnya, karakter hewan seperti kelinci, kucing, anjing, beruang, bebek, dan lain semacamnya. Dapat juga memakai alat tulis bergambar karakter Disney Princess / Avengers yang banyak sekali digemari anak.

Pakai buku berpola
Agar memudahkan si anak belajar menulis, anda dapat memakai buku berpola yang umumnya dijual di toko buku. Dalam buku berpola, telah tersedia pola-pola huruf mulai dari huruf A sampai Z hingga angka 1sampai10. Buku berpola ini memakai metode trace the dot dimana anak akan diminta agar menelusuri dan menebalkan titik-titik pada tiap halaman, jadinya membentuk pola angka / huruf yang sempurna.

Selingi dengan menulis bebas untuk menghindari bosan
Bila si kecil telah mulai bosan menulis mengikuti pola, anda juga menyelingi sekali dengan membiarkan si anak menulis bebas sesuai keinginannya. Pakai kertas kosong yang polos jadinya anak dapat menulis dengan warna & ukuran sesuai kehendaknya sendiri. Bila memungkinkan, mintalah anak agar tetap menuliskan huruf / angka.

Berikan contoh dulu
Meskipun telah menggunakan pola, umumnya anak masih bingung bagaimana cara menulis mengikuti pola itu. Nah, orang tua dapat memberi contoh dulu bagaimana cara menulis mengikuti pola yang ada. Baca juga : Pentingnya Menabung Uang dan Tips Mempersiapkannya