Tips Menghadapi Gangguan Mood atau Mood Swing

Tips Menghadapi Gangguan Mood atau Mood Swing

Halo teman-teman kalian pernah ngga sih pas bareng teman-teman, keluarga atau yang lainnya tiba-tiba mood kalian berubah drastis. Dari yang awalnya senang dan ceria tiba-tiba jadi diam, merenung dan kayak sedih gitu. Nah kalau kalian sering ngerasa kayak gitu berarti kalian sedang mengalami mood swing atau gangguan mood.

Nah, karena lagi ngebahas tentang mood swing nih, sebelumnya kalian udah tau ngga sih tentang mood swing itu apa? Kalau kalian belum tahu yuk intip penjelasan tentang mood swing dan cara mengatasinya.

Apa Itu Mood Swing?

Mood swing adalah perubahan suasana hati (mood) yang tampak pada diri seseorang. Kondisi ini biasanya ditandai dengan perubahan emosi yang merupakan reaksi tubuh terhadap lingkungan atau suatu situasi.

Mood yang berubah-ubah ini sebenarnya wajar hingga taraf tertentu. Namun, perubahan mood juga bisa terjadi sangat ekstrem, serius, dan tanpa alasan atau rangsangan yang jelas, sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, termasuk dalam hubungan, karir, hingga kesehatan fisik.

Pada mood swing yang ekstrem bisa terjadi secara mendadak dan melibatkan kondisi emosional naik-turun, bergantian antara bahagia dan sedih. Selain itu, ada kemungkinan dihinggapi oleh perasaan marah, kecemasan, tersinggung, atau depresi, dalam waktu yang relatif singkat.

Tips Mengatasi Mood Swing

  • Menjalani Kehidupan yang Sehat

Salah satu contoh menjalani kehidupan yang sehat dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan seimbang. Usahakan untuk memperbanyak asupan sayur dan buah segar agar kesehatan Anda terjaga serta emosi Anda lebih stabil.
Lalu juga menerapkan olahraga teratur, tidur yang cukup, dan mengelola stres, agar dapat membantu menjaga mood tetap stabil.

  • Membuat Mood Tracker

Jika mood swing sering dirasakan, kalian bisa membuat mood tracker dengan cara mencatat setiap kali perubahan suasana hati ini terjadi, kapan waktunya dan apa alasannya. Kemudian, catatlah semua itu dalam buku catatan pribadi. Dengan memperhatikan pola-pola tersebut, faktor pemicu mood swing dapat lebih mudah dikenali, sehingga bisa dihindari.

  • Berlatih Mengelola Stres

Pada kenyataannya stres adalah bagian dari kehidupan yang dapat terjadi kapan saja dan sulit diprediksi.
Berlatih mengelola dan mengatasi stres mendatangkan banyak manfaat kesehatan, termasuk terhindar dari mood swing.

  • Bercerita Kepada Orang Terdekat

Cobalah bercerita kepada orang terdekat atau orang yang kamu percaya, seperti keluarga atau sahabat kalian.
Karena dengan kalian bercerita tentang masalah mood swing yang kalian alami bisa meringankan beban dan perasaan negatif yang kalian rasakan.

  • Berkonsultasi ke Psikiater atau Psikolog

Jika dirasa mood swing kalian parah sehingga gangguan aktivitas sehari-hari, sebaiknya dikonsultasikan pada pskiater atau psikolog. Psikiater atau psikolog dapat membantu mengindentifikasi penyebab mood swing sekaligus memberikan penanganan yang tepat.

Mood swing yang disebabkan oleh gangguan mental sulit sembuh dengan sendirinya. Tanpa penanganan medis, sering kali kondisi penderita akan menjadi semakin buruk.

Pasien dengan mood swing dapat ditangani dengan menjalani sesi konseling. Setelah faktor penyebabnya diketahui, dokter akan memberikan penanganan, baik dengan psikoterapi maupun pemberian obat-obatan.